Cara Memindahkan Data Aplikasi Dan Game Ke SD Card Directory Bind

Cara Memindahkan Data Aplikasi Dan Game Ke SD Card Directory Bind

Untuk kesempatan kali ini saya akan membagikan cara memindahkan data Aplikasi atau Game di memori internal ke sdcard dengan Directory Bind. Directory Bind merupakan sebuah tool yang digunakan untuk memanipulasi sistem agar membaca direktori (baca : folder) pada memori eksternal (extsdcard) selayaknya direktori pada memori internal (sdcard). Sebagian besar user menggunakan directory bind untuk memindahkan data game pada sdcard ke extsdcard.
Jika kamu berhasil menjalankan directory bind, kamu akan melihat bahwa folder yang telah dipindahkan dari sdcard ke extsdcard, sepertinya masih ada di sdcard. Tapi, jika kamu bandingkan kapasitas sdcard sebelum dan sesudah menjalankan directory bind, kamu akan menyadari bahwa direktori di sdcard tersebut hanya kamuflase, Realnya ada di extsdcard. Tapi, jika direktori yg sudah di bind di sdcard tersebut dihapus, direktori di extsdcard juga akan terhapus, jadi hati-hati ya.Dan untuk cara menggunakan aplikasi Directory Bind pada smartphone kamu,mari kita simak di bawah ini.


Langkah - langkah :
  1. Pastikan Hp kamu sudah dalam keadaan Root, jika belum kamu dapat mencoba Cara Root Menggunakan Kingroot
  2. Buat folder di extsdcard. Terserah mau diletakkan dimana dan diberi nama apa saja. Contoh : bikin folder dengan nama BindApp, dan letakkan di root extsdcard (bisa juga foldernya dibuat lewat Directory Bind).Jadi seperti ini /extSdCard/BindApp/
  3. Folder ini nanti jadi tempat kamu mindahin folder di memori internal (sdcard), Contoh : disini kamu mau mindahin folder /sdcard/android/obb/ tempat data game biasanya berada
  4. Dowload Directory Bind kemudian Install
  5. Jalankan Directory Bind. Pastikan Directory Bind sudah membaca bahwa device sudah di root. Beri izin pada super user untuk Directory Bind berjalan. Kemudian tekan Option. Klik gambar untuk memperbesar :
  6. Kemudian pilih Add New Entry
  7. Nanti akan muncul menu seperti di gambar di bawah. Tap dan tahan di kotak Enter Source (Data) Path
  8. Arahkan ke /Storage/ExtSdCard/BindApp/, kemudian tap Select. Tap New jika ingin membuat folder yang lain
  9. Saya dulu sempat gagal saat pathnya /Storage/ExtSdCard/BindApp/. Jadi storage saya rename jadi mnt, jadinya /mnt/ExtSdCard/BindApp/ . 
  10. Kemudian pada Enter Mount (Target) Path tap tahan, kemudian browse ke /sdcard/android/obb/
  11. Jika di folder obb sudah ada filenya dan mau dipindahin otomatis, centang di Transfer files from target to data. 
  12. Kemuadian tap add 
  13. Nanti muncul tampilan seperti gambar di bawah. Beri tanda cek
  14. Jika ingin cek filenya sudah masuk atau belum tinggal tap tahan di atas tulisan di kiri yang S:/mnt/extSdCard/BindApp/  nanti kebuka isi folder BindAppnya. Di bawah file obb yang ada di extSdCard
  15. Jalankan proses Bind, buka Option, Kemudian tap di Bind Checked
  16. Kalo berhasil icon disk (paling kiri di samping tulisan) berubah jadi hijau . Kalo gagal icon disknya warna merah
  17. Kemudian buka Options lagi, tap di Preferences
  18. Pastikan Bind on boot dicentang, dan Alternate dbase mgmt dicentang
  19. Selesai.
Untuk contoh di atas, folder obb yang sudah di bind ke extSdCard tadi jika ingin diisi lagi. Jika kamu download data gamenya (data game format obb) offline/manual, Copykan saja langsung ke folder BindApp di extSdCard (via PC/laptop). Dan jika kamu download online/lewat gamenya, download saja seperti biasa, nanti data gamenya otomatis ke download ke folder BindApp di extSdCard.

Nah itulah Tutorial sederhana yang dapat saya berikanuntuk kamu yang ingin memindahkan data aplikasi atau game dari internal sdcard ke external sdcard tanpa harus swap memori.Demikian semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Cara Memindahkan Data Aplikasi Dan Game Ke SD Card Directory Bind Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rn_Mr
                     .                      Updated at :            11/07/2016