Cara Merekam aktivitas Android Via Terminal Emulator

Cara Merekam Aktivitas Layar Di Android Via Terminal Emulator

Merekam layar atau dalam bahasa inggrisnya adalah Screen Recorder. Dimana fitur ini memungkinkan untuk membuat video dari rekaman aktifitas yang terdapat pada ponsel android. Rata-rata vendor smartphone tidak menyematkan salah satu fitur screen recorder atau perekam layar. Sehingga membutuhkan aplikasi pihak ke tiga.
Untuk melakukan proses perekaman layar atau screen recorder pada android kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang sangat populer sekali yakni A-Z Screen Recorder. Akan tetapi ternyata pada bawaan smartphone android sudah terdapat fitur Screen Recorder dan hanya menggunakan sebuah terminal emulator untuk menjalankannya.

Seperti yang kita ketahui aplikasi Terminal Emulator hanyalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menggunakan perintah-perintah command yang terdapat pada sistem android. Dengan interface yang seperti CMD pada windows sehingga kamu tidak asing lagi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Untuk mendapatkan aplikasi Terminal Emulator kamu bisa mengunduhnya di Playstore secara gratis.

Namun sebelum kamu memulai langkah untuk melakukan proses ini smartphone kamu wajib dalam kondisi Root dan terinstall terminal emulator.

Langkahnya ;
  1. setelah kamu berhasil menginstall aplikasi Terminal Emulator di playstore silahkan buka aplikasi tersebut.
  2. lalu ketik command "su" tanpa tanda petik dan Enter.
  3. lalu berikan izin akses root nya untuk terminal emulator
  4. kemudian ketik lagi "screenrecord/sdcard/screen.mp4" tanpa tanda kutip (") Enter.
  5. Dan proses perekaman layar sudah dimulai.
  6. jika kamu ingin mengakhirinya kamu dapat kembali lagi ke aplikasi terminal emulator dan klik tanda X di  bagian kanan atas pada aplikasi terminal emulator.
Jika kamu ingin menyimpan perekaman layar pada direktori tertentu kamu dapat mengubah format Sdcard diatas menjadi direktori yang kamu inginkan.
Itulah cara untuk melakukan merekam layar atau screen recorder pada ponsel android.cara ini sudah di test dan berhasil pada ponsel android Mi 4c.

Baca Juga ;

Cara Merekam aktivitas Android Via Terminal Emulator Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rn_Mr
                     .                      Updated at :            7/20/2017