Cara Mengatasi WhatsApp Error atau Rusak Lengkap

Cara Mengatasi WhatsApp Error atau Rusak Lengkap

Cara Mengatasi WhatsApp Error atau Rusak Lengkap - Sebagai aplikasi chating yang sangat populer, WhatsApp sering melakukan update untuk menyempurnakan kekurangan dan memperbaiki bug yang ada pada whatsapp. Namun, bukan berarti aplikasi WhatsApp kini tanpa masalah.Karena Masalah error atau kerusakan pada aplikasi WhatsApp bukan terjadi karena kekurangan dari WhatsApp itu sendiri, tapi bisa saja karena kesalahan penggunanya.
Dan WhatsApp, sebagai aplikasi chating dengan pengguna paling besar dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya,yang digunakan untuk mengirim pesan, melakukan audio call, video call, mengirim foto, mengirim video bahkan mengirim data-data penting lainnya seperti dokumen maupun untuk berbagai software atau aplikasi.

Tentu saja, dengan fiturnya yang sangat lengkap ini, WhatsApp menjadi aplikasi idaman para pengguna smartphone maupun tablet. Maka tak heran ketika aplikasi WhatsApp mengalami masalah error atau rusak, pengguna akan karena merasa kehilangan sesuatu yang sangat berharga karena masalah tersebut.

WhatsApp Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar dan Mengirim Pesan
Hal yang pertama yang dapat kamu lakukan jika WhatsApp tidak bisa melakukan penggilan keluar adalah dengan tes menggunakan koneksi WiFi. Sebab, jika menggunakan koneksi seluler ada kemungkinan kuota internet sudah habis jadi tidak bisa melakukan panggilan. Nah, silakan kamu ubah sambungan internet menggunakan WiFi.

Jika sudah menggunakan WiFi, tapi tetap tidak bisa melakukan panggilan maka ada kemungkinan terjadi kesalahan pada pengaturan router dan konfigurasi firewall sehingga menghalangi aplikasi WhatsApp untuk melakukan panggilan.

Jika kamu dapat tersambung ke aplikasi lain dalam jaringan data, namun tidak bisa untuk aplikasi WhatsApp, kemungkinan operator seluler telah mengkonfigurasi jalur akses nirkabel untuk memblokir aplikasi chatting tertentu. Coba langkah berikut ini untuk WhatsApp yang tetap tidak bekerja saat hanya menggunakan jaringan data.

Hubungi operator seluler dan tanyakan tentang pengaturan jalur akses yang berbeda untuk menjalankan aplikasi chatting. Mereka akan membantu melalui proses di mana kamu harus mengkonfigurasikan jaringan data dan pengaturan web secara manual.jika kamu masih bingung kamu dapat hapus saja aplikasi WhatsApp dan silakan install dengan dengan yang baru langsung download di Google Playstore.

Masalah whatsapp tidak bisa melakukan panggilan juga bisa terjadi karena penghemat baterai pada android yang aktif. Perlu kamu ketahui, jika penghemat baterai diaktifkan maka akan ada beberapa fitur yang dibatasi bahkan dinonaktifkan sehingga ada beberapa fitur android yang non aktif, salah satunya bisa menyebabkan aplikasi tidak berjalan sebagaiman mestinya.

Pada android versi 5 (lolipop) ke atas, penghemat baterai ini akan secara otomatis aktif jika daya baterai tersisa 15%, dengan ditandai warna merah pada notifikasi bar. Nah, jika ini yang terjadi silakan segera cas hp kamu sehingga daya kembali full dan penghemat baterai kembali non aktif.

Baca juga :
WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Foto, Video dan Dokumen
Masalahnya berbeda tapi penyebabnya bisa saja sama. Untuk itu pastikan bawha kamu memiliki kuota internet cukup untuk mengakses internet. Jika kamu sudah memiliki kuota internet namun tetap tidak bisa mengirim pesan, coba kamu matikan terlebih dahulu HP android kamu kemudian hidupkan kembali.

WhatsApp tidak bisa mengirim pesan atau tidak bisa menelepon juga bisa terjadi karena nomor kamu telah diblokir oleh nomor yang dituju. Mungkin kamu sering mengirim pesan-pesan yang tidak dikehendaki oleh penerima sehingga nomor kamu diblokir. Inilah tanda-tanda nomor anda diblokir :
  • Kamu tidak dapat lagi melihat terakhir dilihat atau online kontak di layar chat. 
  • Kamu tidak dapat melihat pembaruan foto profil kontak tersebut.
  • Setiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir kamu akan selalu menampilkan satu tanda centang (pesan terkirim), dan tidak akan pernah menampilkan tanda centang kedua (pesan tersampaikan).
  • Semua panggilan yang kamu lakukan tidak akan terhubung.Jika baru membuka akun WhatsApp, bisa juga kamu tidak bisa melakukan panggilan keluar dan mengirim pesan karena verifikasi awal belum selesai, untuk itu silakan kamu selesaikan terlebih dahulu verifikasi akun whatsapp kamu.
Ingin Menghentikan atau Menghapus Pesan Yang Sudah Terkirim
Sama halnya dengan SMS dan email, jika sudah terlanjur terkirim maka pesan tersbut tidak bisa dihapus. Meskipun kamu bisa menghapusnya, itu hanya menghapus pesan yang ada di aplikasi whatsapp kamu sedangkan pesan yang sudah terlanjur terkirim maka akan tersimpan pada aplikasi Whatsapp yang dituju.

Nah itu dia cara mengatasi WhatsApp error atau rusak, jika penjelasan di atas masih kurang lengkap sehingga belum bisa menjawab dari masalah whatsapp yang sedang kamu hadapi, silakan kamu kunjungi laman resmi whatsapp di FAQ WhatsApp.

Baca juga :

Cara Mengatasi WhatsApp Error atau Rusak Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rn_Mr
                     .                      Updated at :            1/17/2018